4/17/2011

SMKN 4 Bandung Lingkungan Hijau dan Nyaman



Perbaikan lingkungan sekolah dilakukan melalui penghijauan lingkungan sekitar. Berbagai cara dilakukan oleh para siswa dan warga sekolah untuk menjadikan lingkungan yang nyaman dan hijau. Pada tanggal 29 maret 2010, Dinas Pertanian mengunjungi sekolah kami SMKN 4 Bandung untuk memberikan informasi sekaligus sosialisasi untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan bebas dari penyakit. Saat ini SMKN 4 Bandung memiliki lingkungan yang aman dan nyaman dengan cara yang sangat mudah dan mempunyai tingkat keamanan yang baik, sehingga lingkungan SMKN 4 Bandung menjadi nyaman dan bebas dari penyakit.
SMKN 4 Bandung mewujudkannya dengan cara
membuat lubang resapan air. Lubang resapan air ini berfungsi sebagai penyerap air yang ada di atas tanah, agar tidak ada genangan air yang akan menjadikan sarang dan bibit penyakit. Pembuatan lubang ini yang relatif kecil ke dalam tanah, dapat memperluas permukaan vertikal yang menampung lalu meresapkan air yang berada dalam lubang ke segala arah.
Lubang Resapan Biopori tersebut mempunyai kelebihan tertentu, diantaranya :
1. Dapat menyediakan lubang yang mudah ditembus akar tanaman
2. Tersedianya saluran unutk peresapan air
3. Dapat di buat di lahan yang sempit
4. Dapat menghsilkan pupu kompos
Lubang tersebut selain di jadikan peresapan air juga bisa di pakai untuk menampung sampah yang akan menghasilkan pupuk kompos. Pemanfaatan sampah organik ke dalam lubang kecil di dalam tanah dapat menciptakan habitat yang baik bagi kehidupan keanekaragaman hayati dalam tanah.

Tujuan dari Lubang Resapan Biopori sebagai berikut:
1. Memaksimalkan air yang meresap kedalam tanah sehingga menambah air tanah.
2. Membuat kompos alami dari sampah organik.
3. Mengurangi genangan air yang dapat menimbulkan penyakit.
4. Mengurangi banjir di musim hujan.
5. mengoptomalkan peran dan aktivitas flora dan fauna tanah.
6. Mencegah terjadinya erosi tanah.
Tujuan yang lengkap tersebut menjadikan SMKN 4 Bandung lingkungan yang nyaman, aman, dan bebas dari penyakit, kamipun yang mengikuti acara itu dapat menyimak dengan baik apa yang di informasikan oleh pemateri. Kami bukan hanya mengetahui saja tentang apa yang di informasikan oleh pemateri, tetapi kami juga melaksanakan apa yang dinformasikan, yang pertama kali kami lakukan untuk membuat Lubang Resapan Biopori tadi adalah mencari sasaran atau tempat yang bagus akan kami lubangi untuk di jadikan Lubang Resapan Biopori.

Untuk Sasaran yang bagus di jadikan Lubang Resapan Biopori sebagai berikut:
1. Pada saluran air hujan disekitar sekolah
2. Disekeliling pohon
3. Pada tanah kosong antar tanaman/batas tanaman
Manfaat dari pembuatan Resepan Biopori ini agar terciptanya lingkungan yang aman, bersih, dan bebas dari penyakit.

Leave a Reply

 
 

Followers